KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN/KURIKULUM
A. Kerangka Dasar
Berdasarkan PP No. 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, program pembelajaran atau kurikulum RA dilaksanakan dalam konteks bermain yang dapat dikelompokkan menjadi:
1. Bermain dalam rangka pembelajaran agama dan akhlak mulia
2. Bermain dalam rangka pembelajaran sosial dan kepribadian
3. Bermain dalam rangka pembelajaran orientasi dan pengenalan pengetahuan dan teknologi
4. Bermain dalam rangka pembelajaran estetika, dan
5. Bermain dalam rangka pembelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
B. Struktur Program Pembelajaran atau Kurikulum
Struktur program pembelajaran atau kurikulum di RA mencakup bidang pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar dilaksanakan melalui kegiatan bermain, bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan. Struktur program kegiatan RA kelompok A dan B mencakup 5 bidang perkembangan, yaitu: akhlakul karimah, sosial emosional dan kemandirian; PAI; bahasa; kognitif; fisik/motorik; dan seni (tidak tercantum dalam standar PAUD, namun seni berperan sebagai wahana pembelajaan berbagai bidang pengembangan di RA).
C. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak usia 4-6 tahun
No
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan
|
Indikator
| |
4-<5 tahun (kelompokA)
|
5-≤5 tahun (kelompok B)
| |||
1
|
Akhlakul karimah, Sosial emosional dan Kemandirian
|
1. Mengenal tata cara berakhlakul kepada Allah SWT
2. Memiliki akhlak yang baik dalam diri sendiri
3. Mengenal tata cara berakhlak dan berperilaku terhadap sesama
4. Mengenal tata cara berakhlak atau berperilaku terhadap binatang dan alam
5. Menunjukkan sikap kedisiplinan
6. Bertanggung jawab
7. Menunjukkan sikap kemandirian
8. Mengendalikan perasaan
9. Menunjukkan rasa percaya diri
|
1. Terbiasa membaca doa sebelum kegiatan
2. Terbiasa membaca doa sesudah kegiatan
3. Berlatih khusy dalam berdoa
4. Adab mendengar adzan dan iqamah
5. Terbiasa menjawab adzan
6. Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
7. Berbicara yang baik dan sopan dengan sesama teman
8. Berbicara yang baik dan sopan dengan orang dewasa
9. Mudah meminta maaf dan mau memafkan
10. Berpakaian yang rapi di rumah
11. Berpakaian yang rapi di sekolah
12. Berpakaian yang rapi disesuaikan dengan keperluan
13. Tidak mengganggu teman
14. Mudah bergaul/berteman
15. Selalu bersikap ramah
16. Senang bersikap jujur
17. Berlatih hormat kepada orang tua, guru, teman atau orang dewasa lainnya
18. Mau mengalah
19. Terbiasa mengucapkan salam
20. Terbiasa menjawab salam
21. Terbiasa mengucapkan terima kasih
22. Meminta tolong dengan baik
23. Memiliki toleransi terhadap sesama
24. Memiliki rasa dermawan
25. Suka tolong menolong
26. Dapat bekerjasama
27. Senang menyayangi binatang
28. Senang merawat tanaman
29. Memelihara lingkungan
30. Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah
31. Mau menerima tugas dengan ikhlas
32. Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah
33. Terbiasa berhenti bermain pada waktunya
34. Rapi dalam bertindak dan bekerja
35. Tanggung jawab atas tugas yang diberikan
36. Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya
37. Dapat membedakan milik sendiri dn sekolah
38. Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri
39. Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
40. Terbiasa mengerjakan keperluannyya sendiri
41. Sabar menunggu giliran
42. Dapat dibujuk
43. Tidak cengeng
44. Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
45. Berani tampil di depan umum
46. Berani mempertahankan pendapatnya
|
1. Terbiasa membaca doa sebelum kegiatan
2. Terbiasa membaca doa sesudah kegiatan
3. Berlatih khusy dalam berdoa
4. Adab mendengar adzan dan iqamah
5. Terbiasa menjawab adzan
6. Bersyukur atas kelebihan dan prestasi yang dicapai
7. Berbicara yang baik dan sopan dengan sesama teman
8. Berbicara yang baik dan sopan dengan orang dewasa
9. Mudah meminta maaf dan mau memafkan
10. Berpakaian yang rapi di rumah
11. Berpakaian yang rapi di sekolah
12. Berpakaian yang rapi disesuaikan dengan keperluan
13. Tidak mengganggu teman
14. Mudah bergaul/berteman
15. Selalu bersikap ramah
16. Senang bersikap jujur
17. Membedakan mana yang benar dan salah pada suatu persoalan
18. Menunjukkan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah
19. Menyebutkan perbuatan-perbuatan yang baik dan yang buruk
20. Berlatih hormat kepada orang tua, guru, teman, atau orang dewasa lainnya
21. Mau mengalah
22. Terbiasa mengucapkan salam
23. Terbiasa menjawab salam
24. Terbiasa mengucapkan terima kasih
25. Meminta tolong dengan baik
26. Memiliki toleransi terhadap sesama
27. Memiliki rasa dermawan
28. Suka tolong menolong
29. Dapat bekerjasama
30. Melaksanakan tugas kelompok
31. Mau bermain dengan teman
32. Dapat memuji teman
33. Menghargai hasil karya teman/orang lain
34. Senang menyayangi binatang
35. Senang merawat tanaman
36. Memelihara lingkungan
37. Terbiasa mengikuti tata tertib dan aturan sekolah
38. Mau menerima tugas dengan ikhlas
39. Tepat waktu saat berangkat dan pulang sekolah
40. Terbiasa berhenti bermain pada waktunya
41. Rapi dalam bertindak dan bekerja
42. Tanggung jawab atas tugas yang diberikan
43. Terbiasa mengembalikan mainan ke tempatnya
44. Dapat membedakan milik sendiri dn sekolah
45. Terbiasa mengambil makanan secukupnya dan makan sendiri
46. Berani karena benar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
47. Terbiasa mengerjakan keperluannyya sendiri
48. Sabar menunggu giliran
49. Dapat dibujuk
50. Tidak cengeng
51. Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
52. Senang ketika mendapatkan sesuatu
53. Antusias ketika melakukan kegiatan yang diinginkan
54. Menghibur teman yang sedih
55. Mendoakan teman yang sakit
56. Berani tampil di depan umum
57. Berani mempertahankan pendapatnya
58. Dapat menerima kritik
59. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
|
2
|
Pendidikan Agama Islam
|
1. Mengenal rukun Iman dan rukun Islam
2. Mengenal Allah, Sifat-sifatNya, dan ciptaanNya
3. Mengenal malaikat dan tugas-tugasnya
4. Mengenal Nabi dan Rasul Allah
5. Mengenal kitab suci umat Islam, huruf-huruf nya dan cara membacanya
6. Mampu mengucapkan dua kalimat syahadat
7. Mengenal shalat 5 waktu dan mampu melakukan tata caranya
8. Dapat mengenal arti zakat dan shadaqah
9. Mengenal arti berpuasa dan berlatih melaksanakannya
10. Mengenal shalat ied dan berlatih melaksanakannya
11. Mengenal tata cara ibadah haji secara sederhana
12. Mengenal tata cara qurban
13. Mampu menyebutkan dan menghafal doa-doa harian
14. Mampu menyebutkan, mengahafal dan mempraktekkan kalimat thayyibah
|
1. Menyebutkan 6 aspek rukun iman
2. Menyebutkan 5 aspek rukun Islam
3. Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
4. Menyebutkan Asmaul Husna
5. Menyebutkan beberapa nama malaikat dan tugasnya
6. Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rasul Allah
7. Menceritakan kisah Nabi-nabi, keluarga, sahabat, dan meneladaninya
8. Menyebutkan al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam
9. Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah
10. Membaca rangkaian huruf hijaiyah
11. Iqro/qiroati
12. Menghafalkan beberapa surat pendek dalam al-Qur’an
13. Menghafalkan beberapa hadis sederhana
14. Mampu mengucapkan syahadat tauhid dan syahadat rasul serta artinya
15. Mempraktikkan cara berwudhu dan tayamum
16. Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan shalat
17. Melafadzkan adzan dan iqamah
18. Melafadzkan beberapa bacaan dalam shalat
19. Menyebutkan arti zakat dan shadaqah dan mengamalkannya
20. Menyebutkan arti puasa
21. Berlatih puasa semampunya
22. Menyebutkan arti shalat Ied dan mempraktikkannya
23. Menyebutkan tata cara haji secara sederhana
24. Menceritakan kisah asal-usul qurban dan tata cara melaksanakannya
25. Menghafalkan beberapa doa sehari-hari
26. Melafalkan beberapa kalimat thayyibah
27. Menghafal dan mempraktekkan kalimat thayyibah
|
1. Menyebutkan 6 aspek rukun iman
2. Menyebutkan 5 aspek rukun Islam
3. Menyebutkan beberapa ciptaan Allah
4. Menyebutkan Asmaul Husna
5. Menyebutkan 10 malaikat dan tugasnya
6. Menyebutkan beberapa nama Nabi dan Rasul Allah
7. Menyebutkan tugas dan sifat para Nabi dan Rasul Allah
8. Menceritakan kisah Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya secara sederhana
9. Menceritakan secara singkat kisah Nabi yang tergolong Ulul Azmi
10. Menyebutkan al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan menceritakan sejarah turunnya secara sederhana
11. Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah
12. Membaca rangkaian huruf hijaiyah
13. Iqro/qiroati
14. Menghafalkan beberapa surat pendek dalam al-Qur’an
15. Menghafalkan beberapa hadis sederhana
16. Mengucapkan syahadat tauhid serta artinya
17. Mengucapkan syahadat Rasul serta artinya
18. Mempraktekkan cara berwudhu/tayamum
19. Melakukan tahapan-tahapan dalam gerakan shalat; gerakan takbir sampai salam
20. Melafadzkan adzan dan iqamah
21. Melafadzkan beberapa bacaan dalam shalat
22. Menyebutkan arti zakat dan mengamalkannya
23. Menyebutkan arti shadaqah dan mengamalkannya
24. Menyebutkan arti puasa
25. Berlatih puasa semampunya
26. Melakukan ibadah pada bulan Ramadhan, misalnya sahur, shalat tarawih
27. Menyebutkan arti shalat Ied dan mempraktekkannya
28. Menyebutkan tata cara haji secara sederhana dan memperagakannya
29. Menceritakan kisah asal-usul qurban dan tata cara melaksanakannya
30. Menghafalkan beberapa doa sehari-hari
31. Menyebutkan macam-macam kalimat thayyibah
32. Menghafal dan mempraktikkan kalimat thayyibah
|
3
|
Bahasa
|
Menerima bahasa:
1.1 Menyimak perkataan orang lain
2.1 Mengerti beberapa perintah secara sederhana
1.2 Mengerti dua perintah yang diberikan bersama
2.2 Mengulang kalimat yang lebih kompleks
1.3 Memahami cerita yang dibacakan
2.3 Memahami aturan dalam suatu permainan
1.4 Mengenal perbendaharaan kata, mengenal kata sifat (nakal, baik, pelit, berani, baik hati, jelek, dsb)
Mengungkapkan bahasa
1.5 Mengulang kalimat sederhana
1.4 Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
1.6 Menjawab pertanyaan sederhana
1.5 Menyebut kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
1.7 Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
2.6 Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenai simbol-simbol untuk persiapan membaca
1.8 Menyebutkan kata-kata yang dikenal
2.7 Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap
1.9 Mengutarakan pendapat kepada orang lain
2.8 Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
1.10 Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
2.9 Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
1.11 Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah di dengar
Keaksaraan
1.12 Mengenal simbol-simbol
2.10 Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
1.13 Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
2.11 Mengenal suatu huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
1.14 Membuat coretan yang bermakna
2.12 Menyebutkan kelompok yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama
1.15 Meniru huruf
2.13 Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
2.14 Membaca nama sendiri
2.15 Menulis nama sendiri
|
1. Mendengarkan orang tua atau teman berbicara
2. Memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu
3. Menirukan kembali 3-4 urutan kata
4. Melakukan 2 perintah secara sederhana
5. Melakukan 2-3 perintah secara bersama
6. Mendengar cerita sederhana
7. Menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
8. Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
9. Menunjukkan gambar yang berkaitan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
10. Menyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang di dengarnya
11. Menirukan kalimat yang disampaikan secara sederhana
12. Mengulang kembali kalimat sederhana
13. Menjawab pertanyaan tentang informasi/kejadian secara sederhana
14. Dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, dsb
15. Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana
16. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
17. Bercerita tentang gambar yang disediakan
18. Mengucapkan syair dengan ekspresi
19. Menyanyi lagu anak
20. Menyebutkan kembali kata-kata yang baru di dengar
21. Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Misal kaki-kali atau suku kata akhir yang sama. Misalnya: nama-sama dll
22. Menyebutkan nama benda yang diperlihatkan
23. Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjukkan beberapa kata yang dikenal
24. Berani mengungkapkan pendapatnya
25. Mengutarakan pendapat kepada orang lain
26. Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
27. Memberikan pendapat tentang suatu persoalan
28. Melakukan diskusi secara sederhana (tentang pergi rekreasi/tugas kelompok)
29. Berani menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
30. Menceritakan kembali isi cerita/dongeng yang pernah di dengar secara sederhana
31. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
32. Menghubungkan gambar atau benda dengan kata
33. Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
34. Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
35. Menirukan berbagai bunyi/suara tertentu
36. Membuat berbagai macam coretan
37. Menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf
38. Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya
39. Menjiplak huruf
40. Menebalkan huruf
41. Meniru huruf
42. Membuat huruf
|
1. Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar
2. Menirukan kembali 4-5 urutan kata
3. Menirukan kalimat sederhana
4. Mengulang kalimat yang telah di dengarnya
5. Mentaati peraturan permainan
6. Menjawab pertanyaan tentang keterangan atau informasi
7. Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, bagaimana, dbs
8. Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
9. Mengelompokkan macam-macam gambar yang mempunyai bunyi yang sama
10. Berani bertanya secara sederhana
11. Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal, kaki-kali) dan suku kata alhir yang sama (misal, sama-nama dll)
12. Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol
13. Mengelompokkan kata-kata yang sejenis
14. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau di buat sendiri
15. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak
16. Menceritakan pengalaman atau kejadian secara sederhana
17. Memberikan keterangan/informasi tentang suatu hal
18. Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka
19. Membuat sajak sederhana
20. Melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai dengan guru, misalnya: kemarin ibu pergi ke...
21. Mau mengungkapkan pendapat secara sederhana
22. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
23. Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut
24. Melanjutkan cerita/dongeng yang telahj di dengar sebelumnya
25. Menyebutkan simbol-simbol huruf vokal dan konsonan yang di kenal di lingkungan sekitar
26. Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gamba yang di buat sendiri
27. Menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama
28. Menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama, misal: bola, buku, baju, dll
29. Menghubungkan gambar/benda dengan kata
30. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
31. Menceritkan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
32. Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
33. Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalinya
34. Mengucapkan syair lagu sambil di iringi senandung lagunya
35. Membaca nama sendiri dengan lengkap
36. Menulis nama sendiri dengan lengkap
|
4
|
Kognitif
|
Pengetahuan umum dan sains
1.1 Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.1Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi
1.2 Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
2.2Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
1.3 Mengenal gejala sebab-akibat yang berkaitan dengan dirinya
2.3 Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
1.4 Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap-terang, dsb)
2.4 Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
1.5 Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan inderanya
2. 5 Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita bermain pura-pura seperti burung)
2.6 Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
1.6 Mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk warna dan ukuran
2.7 Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran: lebih dari, kurang dari dan paling/ter
1.7 Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok sejenis, atau kelompok yang berpasangan dengan dua versi
2.8 Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran
2. Mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
2.9 Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
1.9 Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
2.10 Mengenal pola ABCD-ABCD
2.11 Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
1.10 Mengetetahui konsep banyak sedikit
2.12 Menyebutkan lambang bilangan 1-10
1.11 Membilang banyak benda 1-10
2.13 Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
1.12 Mengenal konsep bilangan
2.14 Mengenal berbagai macam lambang, huruf vokal dan konsonan
1.13 Mengenal lambang bilangan
1.14 Mengenal lambang huruf
|
1. Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi
2. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
3. Bermain simbolik dengan benda-benda di sekitar
4. Mengungkapkan sebab-akibat, misal: mengapa sakit gigi? Mengapa lapar? Dll
5. Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
6. Menyatakan dan membedakan waktu (pagi, siang, malam)
7. Mengetahui nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan tahun
8. Mengenal terjadinya hujan
9. Mengenal terjadinya banjir
10. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna di campur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon di tiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung-melayang-tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara
11. Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi
12. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut ciri-ciri tertentu
13. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut jenisnya
14. Menunjuk benda ke dalam kelompok yang sama
15. Mengelompokkan benda yang sama
16. Menunjukkan benda yang sejenis
17. Mengelompokkan benda yang sejenis
18. Mengelompokkan benda yang berpasangan dengan dua versi
19. Meniru pola dengan menggunakan berbagai bentuk
20. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan, misal: merah, putih, merah, putih, merah
21. Mengurut benda dari besar-kecil atau sebaliknya (5 seriasi)
22. Mengurut benda dari panjang-pendek atau sebaliknya (5 seriasi)
23. Mengurut benda berdasarkan warna (5 seriasi)
24. Mengurut benda dari tebal-tipis atau sebaliknya (5 seriasi)
25. Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama
26. Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
27. Membilang banyak benda dari 1 sampai 10
28. Membilang/menyebut urutan bilangan 1-10
29. Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10
30. Menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 10
31. Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda
32. Menunjuk lambang bilangan 1-10
33. Meniru lambang bilangan 1-10
34. Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak di suruh untuk menulis)
35. Menunjuk lambang huruf di lingkungan sekitar anak
36. Menghubungkan gambar/benda dengan lambang huruf
37. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
|
1. Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda berdasarkan fungsi
2. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya, misal: peralatan makan, peralatan mandi, perakatan kebersihan dll
3. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
4. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna di campur, proses pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan kedalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan (gravitasi), benda-benda di dekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan kaca pembesar, mencium macam-macam bau, mendengar macam-macam bunyi
5. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan anak
6. Mengungkapkan sebab-akibat, misal: mengapa sakit gigi?, mengapa kita lapar?, dll
7. Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
8. Mengajak teman untuk bermain
9. Bermain peran
10. Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu atau cerita
11. Mengekspresikan gerakan dengan iringan musik/lagu
12. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan)
13. Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih 8 kepingan)
14. Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
15. Mampu mengambil keputusan secara sederhana
16. Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
17. Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama, tebal-tipis, gemuk-kurus, tinggi-rendah, dsb
18. Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran dll
19. Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya)
20. Mengisi dan menyebutkan isi wadah (satu gelas, satu botol dll dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
21. Menunjukkan dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
22. Mengelompokkan benda 3 dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)
23. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu, misal: menurut warna, bentuk, ukuran
24. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaan warnanya, bentuknya, dll
25. Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran, bola, segiempat-balok)
26. Menunjuk, mengelompokkan benda yang jumlah sama-tidak sama, lebih banyak, lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
27. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misal: merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah...
28. Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda
29. Meniru pola dengan menggunakan 4-8 kubus
30. Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya
31. Menyusun benda dari panjang-pendek atau sebaliknya
32. Menyusun benda dari tinggi-rendah atau sebaliknya
33. Membilang/menyebut urutan bilangan dari dari 1 sampai 10
34. Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 20
35. Menunjuk lambang bilangan 1-10
36. Membuat urutan bilangan 1-20 dengan benda-benda
37. Meniru lambang bilangan 1-10
38. Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20
39. Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
40. Pengenalan huruf vokal dan konsonan
41. Mengenal lambang bilangan 1-20
42. Meniru berbagai lambang, huruf vokal dan konsonan
|
5
|
Fisik/Motorik
|
Motorik kasar
1.1 meniru gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb)
2.1 Meniru gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan
1.2 Melakukan gerakan menggantung (bergelayutan)
2.1 Melakukan koordinasi gerakan kaki-tangan-kepala dalam melakukan tarian/senam
1.3 Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
2.2 Melakukan permainan fisik dengan teratur
1.4 Menangkap dan melempar sesuatu secara terarah/tepat
2.3 Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
1.5 Melakukan gerakan antisipasi
2.4 Melakukan kegiatan kebersihan diri
1.6 Menendang sesuatu secara terarah
1.7 Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
Motorik halus
1.8 Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.5 Menggambar sesuai gagasannya
1.9 Menjiplak bentuk
2.6 Meniru bentuk
1.10 Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
2.7 Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
1.11 Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan sesuatu dengan menggunakan berbagai media
2.8 Menggunakan alat tulis dengan benar
1.12 Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
2.9 Menggunting sesuai dengan pola
2.10 Menempel gambar dengan tepat
2.11 Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
Kesehatan fisik
1.13 Memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
1.14 Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
1.15 Memiliki kesesuaian antara tinggi badan dengan berat badan
|
1. Menirukan gerakan binatang peliharaan, binatang yang dapat terbang
2. Menirukan gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup angin kencang, dll
3. Menirukan gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan d udara dan gerakan mendarat, dll)
4. Memanjat, bergantung dan berayun
5. Bergelayut
6. Melompat dengan dua kaki atau satu kaki dengan seimbang
7. Melompat dengan tali, dll
8. Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
9. Meloncat dengan rintangan
10. Berlari di tempat
11. Berlari cepat
12. Berlari sambil melompat
13. Berlari sambil meloncat
14. Melompat, meloncat dan berlari dengan rintangan
15. Menangkap kantong biji, bola dll
16. Melambungkan dan menangkap kantong biji, bola dll
17. Melempar dengan berbagai media, misal: bola, kertas, balon ke tempat yang telah ditentukan
18. Memantulkan bola besar (diam ditempat)
19. Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
20. Berjalan maju pada garis lurus
21. Berjalan di atas papan titian, berjalan berjinjit
22. Berjalan mundur dan kesamping pada garis lurus 1-2 meter
23. Melakukan gerakan menghindar dari hal-hal yang berbahaya
24. Menendang bola dengan terarah
25. Bermain dengan alat permainan di luar, misal: ayunan, jungkitan, perosotan, dll
26. Bermain dengan simpai (bebas, melompat, dalam simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai dll
27. Naik sepeda roda 2 (belum seimbang)
28. Naik turun tangga 2-5 anak tangga
29. Meniru dan membuat garis tegak, datar, miring kanan/kiri
30. Membuat segi empat
31. Menjiplak bentuk geometri
32. Menjiplak bentuk binatang
33. Menjiplak bentuk benda-benda di sekitar
34. Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
35. Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali
36. Meronce dengan manik-manik
37. Menganyam dengan kertas
38. Mencocok dengan pola buatan guru
39. Menggunting bebas
40. Merobek kertas
41. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdough/tanah liat
42. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan leggo
43. Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
44. Menciptakan 2 bentuk bangunan dari balok
45. Menciptakan 2 bentuk dari kepingan geometri
46. Menciptakan alat perkusi sederhana
47. Melukis dengan jari (finger painting)
48. Menyanyi 15 lagu anak-anak
49. Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana
50. Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
51. Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik
52. Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi
53. Mengukur berat badan
54. Mengukur tinggi badan
55. Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkar kepala
56. Makan makanan yang mengandung gizi seimabng
|
1. Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban
2. Berjalan mundur, berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban
3. Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
4. Memanjat, bergantung dan berayun
5. Berdiri dengan tumit di atas satu kaki dengan seimbang
6. Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
7. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
8. Bermain dengan simpai
9. Naik sepeda roda 2, otopet, egrang dll
10. Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan teratur
11. Gerakan bebas dengan irama musik
12. Senam fantasi bentuk meniru misalnya: meniru berbagai gerakan hewan, gerakan tanaman yang terkena angin (sepoi-sepoi, kencang dan angin kencang sekali) dengan lincah
13. Mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah
14. Menari/senam menurut musik yang di dengar
15. Menendang bola ke depan dan ke belakang (bermain bola)
16. Melakukan permainan fisik, misal petak umpet, tikus dan kucing dll)
17. Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil (diam di tempat)
18. Melambungkan dan menangkap bola atau kantong biji sambil berjalan/bergerak
19. Memantulkan bola besar, bola sedang dan bola kecil dengan memutar badan, mengayunkan tangan dan melangkah
20. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, misal: makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu
21. Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan, misal menggosok gigi, mandi, buang air
22. Membersihkan peralatan makan setelah digunakan
23. Membuang sampah pada tempatnya
24. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, rayon, arang, spidol dan bahan-bahan alam) dengan rapi
25. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik garis, lengkungan, segitiga, segiempat
26. Menggambar orang dengan lengkap dan proposional
27. Mencetak dengan berbagai media (jari, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan rapi
28. Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran
29. Meniru melipat kertas sederhana (1-7 lipatan)
30. Mencocok bentuk
31. Membuat lingkaran, segitiga dan bujur sangkar dengan rapi
32. Meronce 2 pola dengan berbagai media (manik-manik sedotan, kertas, daun dll)
33. Menganyam dengan berbagai media, misal: kain perca, daun, sedotan, kertas dll
34. Membuat berbagai bentuk dari daun, kertas, kain perca, kardus dll
35. Menciptakan bentuk dari balok
36. Menciptakan bentuk dari kepingan geometri
37. Menciptakan berbagai bentuk yang menggunakan playdough/tanah liat/pasir dll
38. Permainan warna dengan berbagai media
39. Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama
40. Menciptakan alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
41. Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama
42. Permaina warna dengan berbagai media, misal: krayo, cat air dll
43. Menyusun menara kubus minimal 12 kubus
44. Membuat mainan dengan tehnik melipat, menggunting dan menempel
45. Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari)
46. Membuat berbagai macam coretan
47. Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, gelombang, zigzag, lingkaran, segitiga, segiempat)
48. Membuat gambar dengan tehnik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-biji an, kain perca, batu-batu an dll)
49. Membuat gambar dengan tehnik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/bahan (segiempat, segitiga, lingkaran dll)
50. Mewarnai bentuk gambar sederhana
51. Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media
52. Membatik dan jumputan
53. Melukis dengan jari
54. Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan, pelepah pisang, dll)
55. Mengukur berat badan dengan rumus (BB/U)
56. Mengukur tinggi badan
57. Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkar kepala
58. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar